Tips jika salah harga saat belanja di carrefour

Tips jika salah harga saat belanja di carrefour

Pasti pernah belanja kan?, tetapi pernah nggak mengalami salah harga saat berbelanja? apa sih yang harus kita lakukan?. nah kali ini saya mau share pengalaman pribadi saat belanja di carrefour. Sekitar dua bulan lalu saya membeli air bed (kasur angin) di carrefour, kebiasaan saya sebelum berbelanja, saya selalu nge-cek harga  barang-barang yang akan saya beli di internet. alasannya simpel sih, biar tau aja harus menyediakan budget berapa. nah kali ini saya mendapatkan informasi bahwa kisaran harga air bed mulai dari 100ribu sampai 400ribu, ada yang langsung  satu paket dengan pompanya + repair kitnya ada juga yang tidak.

air bed (kasur angin)
gambar air bed (kasur angin)

Ketika berbelanja saya menemukan harga yang lumayan murah sekitar 130ribu, tapi tidak bersama dengan pompanya. hmm sayapun melihat harga pompanya, tapi harga pompa itu tidak tertera di labelnya,
hanya barcode saja yang tersedia. biasanya kalau harga tidak ada di labelnya maka akan tertera di rak tempat barang tersebut, tapi kali ini di rakpun tidak ada harganya. sayapun bertanya kepada pramuniaga yang berada di tempat itu. Dari pramuniaga itu saya tau kalau pompa nya itu ada 2 jenis yaitu manual dan ada yang electrik. Harga yang manual sekitar 50ribu dan yang electrik sekitar 225ribu. wah jauh sekali sih beda harganya. tapi dia bilang kalau yang electrik letaknya berada di bagian belakang. oh sekarang saya baru ngeh..(mengerti) kalau letak air bed itu sebenarnya berada di bagian belakang. yang di bagian depan ini hanya untuk promosi jadi hanya beberapa saja yang diletakkan di bagian depan.

langsung mengambil jurus langkah seribu menuju kebagian belakang. hmm ternyata bermacam bentuk dan merek ada di bagian belakang, harga juga beragam. Tetapi untuk pompa ya cuma dua bentuk aja yaitu manual dan electrik dengan harga 50ribu dan 225ribu. nah sayapun mengambil pompa yang manual dan airbed yang dengan harga 130ribu. yup setelah belanja beberapa kebutuhan lain sayapun menuju TKP (hellleh… maksudnya ke meja kasir). Belanjaan dihitung dan tat tit tut selesai pembayaran. sayapun mengambil struk barang, tapi kok ada yang aneh ya, perasaan harga barang-barang yang saya beli gak semahal ini. sayapun memperhatikan harga pompa yang seharusnya 50ribu tetapi tertera 225ribu, walah.. sayapun kembali ke meja kasir sambil menjelaskan selisih harga, kasir menyarankan untuk komplen ke bagian informasi.

belanja di carrefoursayapun berjalan ke meja informasi dan menjelaskan bahwa seharusnya harga pompa ini 50ribu karena jenis pompanya manual. memang di label tidak ada tertulis harga, hanya barcode saja. bagian informasi kemudian meminta struk belanja saya dan mengecek harga yang sebenarnya ke bagian dalam. sayapun menunggu di bagian informasi. saat menunggu ada juga bapak-bapak yang komplen salah harga, harga roti yang seharusnya Rp.9500 menjadi Rp.10.100. wah dalam hati saya si bapak ini teliti juga liat harga rotinya, soalnya bedanya sedikit banget cuma 600. yah namanya juga uang. tapi ada juga yang menjengkelkan dari si bapak-bapak ini, marah-marahnya itu loh, menurutnya si bagian informasi terlalu lama untuk mengecek harga roti itu.

“Saya sudah satu jam di sini, kok lama kali sih liat harga aja..!!!” kata si bapak tadi sambil ngomel.., behhh dalam hati saya ngomong: perasaan saya duluan komplen, dan belum ada satu jam…, ih.. ih.. ih.. kebiasaan kita ini melebih-lebihkan masalah, kalau anak muda sekarang bilang “lebay…”. salah seorang bagian informasi menemui saya dan mengatakan memang ada kesalahan menempelkan label barcode. barcode pompa electrik tertempel ke pompa manual, nah jadi sturk belanja saya di potong pada bagian harga yang salah dan diberikan struk baru kemudian di satukan dengan hekter. Lalu selesih harganya dikembalikan. sedangkan si bapak-bapak tadi…., alah udahlah gak usah dipikirin.., kenal juga enggak.. 😀

nah jadi kesimpulannya adalah

  1. kalau anda berbelanja di carrefour atau di manapun jangan lupa cek harganya kembali sebelum meninggalkan lokasi
  2. nah kalau anda menemukan kejanggalan pada jumlah harga belanjaan anda, langsung pergi ke bagian informasi untuk mengkonfirmasi harga sebenarnya
  3. jika harga itu memang tidak sesuai dengan yang sebenarnya, anda bisa meminta selisih harganya kembali (kalau moto carrefour sih, “Jika terdapat beda harga di label dengan harga di kasir,maka di ambil harga terendahnya”). tetapi jika memang harganya pas dan menurut anda itu kemahalan karena salah ambil atau gimana anda bisa membatalkannya (tetapi ini berbeda kebijakan masing-masing pusat perbelanjaan)
  4. Gak perlu marah-marah, mendingan tunggu aja prosesnya toh marah-marah cuma bikin capek.. ya kan… (nyindir)

2 thoughts on “Tips jika salah harga saat belanja di carrefour

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

15 − eleven =