Sup Cacing Untuk Sakit Typhus

Sup Cacing Untuk Sakit Typhus

Tadi malam kami baru saja menjenguk teman kami yang sedang sakit di Rumah Sakit. Katanya sih dia menderita sakit typhus. yah biasalah kalau jenguk itu sih ngobrol-ngobrol tentang penyakit sampai obat apa yang sudah diminum. Dan kami semua agak sedikit mengeryitkan dahi dan refleks membuka mulut (baca terplongo), waktu dia bilang obatnya itu sup cacing.

Sup cacing dipercaya bisa menyembuhkan penyakit typus dengan cepat. Ibunya bercerita, dulu ketika adiknya juga terkena sakit typus ada seseorang yang memberitahu bahwa obat yang mujarab itu cacing tanah. Terserah mau dijadikan sup atau langsung “digongseng” (digoreng tanpa minyak). Tetapi kalau digongseng akan menimbulkan bau, karena itu lebih baik dijadikan sup saja. Dan benar saja, saat dibuatkan sup cacing itu adiknya langsung sembuh.

Cara mengolahnya, cacing tanah dibersihkan dengan cara membelahnya. Cara membelahnya mirip dengan membelah usus ayam. Jadi hanya kulit luarnya saja yang diambil. kemudian diolah seperti mengolah sup pada umumnya. diberi daun sup, kapulaga dan kawan-kawannya. Setelah matang, sup disaring dan hanya disisakan airnya saja. Lalu airnya itulah yang diminumkan kepada si pasien.

Setelah saya googling di yahoo eh maksudnya setelah saya browsing-browsing ternyata banyak juga loh yang sudah mencoba menjadikan sup cacing sebagai obat typhus. Bahkan sampai ada buku ceritanya segala (tapi saya belum baca sih). Ini mungkin bisa menjadi obat alternatif untuk mengobati penyakit typhus (tipes). Sory ya cacing  (:D)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eighteen + three =