Siapa Kita

Siapa Kita

Manusia yang yang hidup tidak bisa memilih di keluarga mana, bangsa apa, agama apa, suku apa, dia harus dilahirkan. Namun setiap manusia normal diberikan akal, akhlak dan hati untuk berfikir, bertingkah laku dan mempertimbangkan sesuatu tentang apa yang dia lakukan, jumpai, miliki dan hadapi.

Tuhan menciptakan perbedaan agar bisa saling mengenal dan manusia seharusnya mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan tentang sesuatu perbedaan tersebut, kemudian mengambil hal yang baik setelah melihat perbedaan. Bukan mengenal lalu mencela.

Kita tidak akan tau terang jika gelap tidak ada, kita tidak akan tau manis jika pahit tak tercipta. kita tidak akan tau cantik jika jelek tidak ada. perbedaan akan menimbulkan perbandingan yang menciptakan nilai. Nilai akan menentukan di mana posisi keberadaan kita(sebagai manusia). perbedaan akan membuat kita lebih menghargai dan memperbaiki diri. Jika hari ini kita sudah menilai diri kita, keluarga kita, suku kita, bangsa kita, negara kita, agama kita, maka jika ada kejanggalan, kekurangan sudah sepantasnya kita perbaiki karena Tuhan selalu membimbing manusia untuk menuju kebaikan. Tak perlu mencela, merendahkan, menyalahkan cukup memperbaiki.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

fifteen + 4 =