Taubat, Kalau bukan sekarang.. kapan lagi?

Taubat, Kalau bukan sekarang.. kapan lagi?

Mau tunggu apalagi?

Ngomongin soal waktu ni sob, semua pasti setuju kalau waktu itu terus berjalan dan gak akan pernah kembali. Kita gak akan pernah bisa kembali ke waktu kita masih kecil, kita juga gak bisa kembali ke satu tahun yang lalu, 2 tahun yang lalu dan seterusnya. yah tepatnya yang lalu memang harus berlalu. Nah pertanyaannya adalah.. “Apa yang sudah kita lakukan kemarin, satu minggu yang lalu, satu tahun yang lalu?”. Apa kita sudah berbuat baik sesuai dengan ajaran agama kita?

Nah kalau ngomongin Agama ni sob, pasti deh banyak yang ngomong.. “Udahlah.. agama itu urusan pribadi masing-masing sama Tuhan”, atau “Gampanglah.. Tuhan kan Maha pengasih dan Penyayang” atau malah “Udah gak zaman ngomongin Agama.., yang penting lo gak ngganggu orang lain.. cukup”, iya kan..?. Btw apa iya kita pantes ngeremehin urusan agama? lah apa iya kita anggap enteng urusan sama Tuhan. Gini aja deh Seandainya kita dapat undangan khusus dari Presiden untuk jamuan makan malam ke Istana, semua akomodasi ditanggung oleh presiden, Tapi waktunya cuma jam 09.00 malam, lewat dari itu presiden punya agenda lain, saya yakin deh kita pasti mengusahakan untuk hadir, seandainya ada kegiatan di jam tersebut pasti deh kita batalin atau kita tunda.. iya kan? ini baru presiden loh.. yang notabene masih manusia juga, tapi kita sebegitu hormatnya. Continue reading

Sombong…? gak pantes dong

Sombong…? gak pantes dong

Assalamualaikum Wr.wb, selamat jum’at mubarak rekan-rekan semuanya. Hari nan cerah ini saya mau ngomongin tentang S.O.M.B.O.N.G yap “sombong”. Sebelumnya saya juga sudah pernah nulis yang temanya tentang sombong juga, yang mau baca nih di sini Masih inget gak kenapa iblis diusir?

Oke, ngomong-ngomong tentang sombong, secara sengaja atau tidak sengaja pasti pernah kita lakukan atau kita alami. terkadang sombong itu tiba-tiba saja datang pada keadaan tertentu. yang sebenernya gak kita rencanain. Contohnya ketika satu bis sama kuli bangunan yang bajunya lecek. Ada kalanya kita berkata dalam hati “Ish.. ih..” atau yang lain-lainnya, itu sebenernya bagian dari kesombongan loh. iya kan…?

Tapi sebenernya memang Continue reading

Siap hidup.., siap mati

Siap hidup.., siap mati

Oke kita awali tulisan ini dengan quote

Orang yang tidak siap mati sesungguhnya adalah orang yang tidak siap hidup..!!

Pertanyaannya kenapa? karena “Tiap-tiap yang berjiwa pasti akan merasakan mati” (QS: Ali Imran 185). Hidup dan Mati adalah dua perkara yang tidak dapat dipisahkan. Tapi sadar gak sih banyak diantara kita yang lupa kalau kita bakal mati?, padahal mati itu adalah kejadian yang paling dekat dengan manusia.

Setiap hari kita melakukan aktivitas untuk tujuan agar kita bisa bertahan hidup. betulkan..? kita kerja cari uang untuk hidup, kita nabung juga untuk hidup (dihari depan), Makan ya untuk hidup, menikah ya untuk hidup dan menghidupi. Apa ini salah..? ya enggak dong itu sangat benar.., yang salah adalah kalau kita lupa untuk mempersiapkan KE-MATI-AN kita. Sehingga untuk mencapai tujuan hidup itu terkadang kita mengabaikan tujuan mati kita.

Nggak bisa dipungkiri rata-rata tujuan hidup manusia sekarang adalah MATERI (udah.. gak usah angkat bahu gitu). Semua diukur dari materi. Orang dianggap terhormat kalau punya materi, orang dibilang sukses kalau berlimpah materi, ¬†Orang yang turun dari becak sama yang turun dari mobil perlakuannya jelas beda. Bahkan coba deh tanya tu temen-temen yang udah pada merit, dulu calon mertua pertama kali tanya apa? pasti “Kamu kerja dimana?” atau “punya usaha apa?” (iyaa kann.., gak usah senyam senyum meringis gitu). Kenapa semuanya terfokus pada materi? ya jawabannya singkat saja.. “Karena manusia lupa MATI” ya nggak bro?. Kalau manusia ingat mati sih.. gak gitu-gitu amat ngumpulin materi.

Materi itu memang perlu bung.., tapi bukan Continue reading

Kampanye spanduk wakil rakyat itu gak penting..!!

Kampanye spanduk wakil rakyat itu gak penting..!!

Kampanye ?

kadang capek juga liat iklan caleg atau capres di mana-mana, pernah gak sih hati kita nanya “kenapa ya harus ngiklanin diri..?”, biar rakyat tau? gak perlu pak, bu. kalau situ memang calon wakil rakyat, pasti rakyat situ udah pada kenal sama situ, masa’ rakyat gak kenal sama wakilnya? caranya gimana biar di kenal rakyat? ya hidup bareng rakyat, berkarya untuk rakyat, gak perlu buang buang duit cuma untuk buat spanduk, baliho, baju kaos dan segudang bla bla. Ada jalan rusak ya dibeneri bareng-bareng sama rakyat. gak butuh banyak dana kok? rakyat kita masih mau gotong royong asal situ gak pake bohong. jangan berkarya kalo mau kampanye doang.., sebenernya situ yang rugi (kalo nanti gak kepilih)

Rakyat itu sebenernya simpel, kalo situ memang punya aura pemimpin pasti situ bakal kepilih deh. Apa itu aura pemimpin? aura pemimpin itu adalah aura yang seneng ngelayani orang lain, situ emang orangnya care sama sekeliling situ. nolong gak mesti pake uang, apa yang situ bisa lakukan untuk membantu orang lain ya lakukan. ada orang sakit ya dibantu antar ke rumah sakit, ada orang meninggal ya situ ngelayat sambil bantu-bantu pasang teratak atau tenda. Ada becak mogok ya di bantu dorong, ada yang berantem ya mbok dilerai. simpel kan? kalau ini sering situ lakuin masa orang gak kenal sama situ? Gak perlu pasang baliho pasti situ yang dipilih lah Continue reading

IT dan Kehidupan ini

IT dan Kehidupan ini

Halah.. gak penting juga ya sama judulnya yang terkesan lebay itu, minggu pagi yang sedikit malas ini saya ingin membahas beberapa hal yang mungkin penting untuk dibicarakan. Yap anyway kalau saya pikir-pikir hebat banget ya anak-anak IT yang konsisten menulis artikel tentang teknologi informasi, apalagi yang berkaitan dengan koding. Kenapa? sebab menurut saya nggak gampang loh membuat artikel yang berkaitan dengan IT, apalagi itu berhubungan dengan penulisan code.

Kalian bayangkan ya untuk membuat satu artikel pendek saja, mungkin si penulis harus bereksperimen panjang. contohnya membuat tutorial membuat aplikasi buku tamu dengan PHP. Sorry ini masalah IT ya yaitu Information technology, jadi jangan kaitkan PHP dengan Pemberi Harapan Palsu. PHP itu salah satu nama bahasa pemrograman berbasis web. Oke balik lagi ke penulisan coding tadi, si penulis harus membuat buku tamu dulu, ngetes dulu jalan atau enggak? nah setelah jalan barulah dia buat langkah-langkah pembuatannya, memasukkan code-codenya, menyusun kodenya biar rapi dan enak dibaca orang lain. dan segudang bla-bla lagi baru artikel itu selesai. belum lagi setelah dipublish eh banyak yang nyoba dan gagal, sipenulis yang baik harus bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan pembacanya yang kadang-kadang juga nyeleneh.

Selain coding, ada juga Continue reading

Makna Hijrah di Tahun Hijriyah

Makna Hijrah di Tahun Hijriyah

Tanggal 1 Muharram 1435 bertepatan dengan tanggal 5 Nopember 2013 merupakan awal tahun yang baru bagi umat muslim sedunia. 1 Muharram 1435 yang sebenarnya telah datang pada waktu maghrib tanggal 4 Nopember 2013, sebab pergantian tahun baru hijriyah dalam kalender Islam adalah pada waktu Maghrib. Berbeda dengan tahun masehi yang berganti tepat pukul 00:00.

Penetapan kalender Hijriyah Continue reading