Siapa Kita

Siapa Kita

Manusia yang yang hidup tidak bisa memilih di keluarga mana, bangsa apa, agama apa, suku apa, dia harus dilahirkan. Namun setiap manusia normal diberikan akal, akhlak dan hati untuk berfikir, bertingkah laku dan mempertimbangkan sesuatu tentang apa yang dia lakukan, jumpai, miliki dan hadapi.

Tuhan menciptakan perbedaan agar bisa saling mengenal dan manusia seharusnya mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan tentang Continue reading

Pelajaran Pagi

Tadi pagi aku seperti biasa berangkat ke kantor pukul setengah delapan pagi, sambil menungu teman satu kerjaku, aku duduk di tempat tunggu angkot. pagi  itu macet sekali jalanan, entah kenapa seriap hari cerah aku perhatikan jalanan pasti macet sekali, apakah semua pengguna jalan beranggapan kalau matahari cerah berati mereka sudah terlambat ke tujuan, ah tapi itu urusan mereka masing masing sajalah. sesekali ku mendapat lambaian tangan dari salah satu pengguna jalanan, ya tentu saja mereka yang kenal dengan ku. Suara-suara klakson mobil dan motor sudah pasti menambah bising jalanan belum lagi umpatan umpatan pengguna jalan yang keluar ceplas ceplos.

Dalam keadaan hiruk pikuk jalanan aku melihat seorang pemuda, dengan pakaian rapi, rambutnya agak keriting dan memakai tas gantung warna hitam. pemuda itu memakai baju biru dan bercelana jeans tetapi ada yang tak biasa,tangannya memegang tongkat dan menggunakannya untuk meraba mencari arah jalan, semakin mendekat Continue reading

Masih inget gak kenapa iblis diusir ..?

Masih inget gak kenapa iblis diusir ..?

Nggak kagetkan.., kenapa kok tiba tiba saya ngomongin iblis. Soalnya, ni kan dah dekat Ramadhan .. jadi gak pa pa donk kita ngomongin iblis. Nah kembali kepertanyaan yang di atas “Kenapa iblis di usir..?”, kita pasti sudah pernah belajar kenapa kok iblis itu di usir dari surga, padahal ni katanya si iblis ini makhluk yang taat loh sama Allah. Ibadahnya juga bagus. Jadi kenapa dong dia bisa di usir? Menurut Al-qur’an ni, si Iblis diusir karena doi gak mau sujud sama Adam sang kakek buyutnya manusia. Konon ni menurut si iblis dia lebih baik dari si Adam, so ya gengsi dong, masa’ mau sujud tu sama adam yang baru aja diciptakan sudah gitu dari tanah lagi yang sering dipijak pijak “hgeh.. gak sudi”, kira-kira gitu deh kata iblis. Nah karena itu lah dia di usir. Terus kita analisis nih.. masa hanya gara-gara gak mau sujud sama adam aja si iblis langsung diusir padahal ni kalau ngeliat Ibadahnya si Iblis… wuih mantep. Dia gak ingkar sama Allah, dia akui kalau tuhan itu ya hanya Allah. Tau kenapa…? karena si Iblis itu Sombong.., dia merasa lebih baik…. lebih benar dan lebih mulia dari yang laen, karena itulah Tuhan marah besar.

Belajar dari kisah si iblis ini ternyata bahaya banget loh yang namanya sombong itu, kita kadang kadang gak sadarkan kalau tingkah laku kita mengarah kepada kesombongan, terus kalaupun kita tau kita itu sombong paling-paing kita bilang “ah gak papa deh bukan dosa besar kok” hemmmm padahal ni percaya nggak kalau ada kesombongan di dalam hati kita biarpun kecil, bisa-bisa ibadah kita, perbuatan baik kita gak diterima Tuhan loh atau yah bisa dibilang “pending”lah.., (wuih… ngerih kan..). Nah loh kenapa kok gitu…? Continue reading

Sudahkah kita selalu bersabar dan bersyukur…???

Tadi pagi aku agak telat ke kantor (bukan AGAK sih  memang udah telat banget, 15 menit), seperti biasa aku naik angkot dan mengambil posisi di dekat pintu.. biar dapet angin. pagi itu jalanan macet. pandanganku menoleh keluar pintu. melihat sepanjang mana sih macet itu. tanpa sengaja aku terlihat sesorang dengan pakaian kumal dan tidak teratur dan mengais ngais sampah.., awalnya aku merasa dia tukang butut yang biasa mencari barang bekas apa yang bisa dijual, tapi dugaanku meleset.. dia mengais-ngais sampah dan memakan sisa sisa makanan yang ada di tong sampah itu. sejenak aku terdiam…, ya Allah… ternyata masih ada orang seperti itu.., terlepas dia waras atau tidak, yang pasti dia memberikan pelajaran berharga bagiku untuk selalu bersyukur.

yah.. bersyukur, karena aku masih bisa bertahan hidup tanpa melakukan apa yang dia lakukan, walaupun aku bukan tercipta dari kalangan berada namun aku dan keluargaku tak kurang dalam hal makanan. kalau kupikir-pikir benar kata Tuhan, kita tidak akan pernah bisa menghitung nikmat yang kita miliki. tiba tiba aku tersentak dari lamunanku.. karena angkot yang ku naiki menarik kencang gas bersamaan dengan lampu hijau yang menyala. Ku pandangi orang tadi dan perlahan hilang bersama tikungan jalan.

Mungkin kita adalah sebagian orang yang beruntung di banding dari sebagian yang lain.., walaupun belum tentu kuta lebih baik dari orang yang tidak beruntung itu. tapi pernahkah kita sadari dan kita syukuri apa yang pernah atau sedang kita miliki.? lantas dengan cara apakah kira bersyukur itu?, yang jelas benar benar menggunakan nikmat itu sesuai dengan perintah Tuhan. Hari ini kita boleh jadi serba berkecukupan namun besok, boleh jadi kita adalah orang yang kekurangan karena itulah kita harus bersyukur atau boleh jadi hari ini kita serba kekurangan tapi esok boleh jadi kita adalah orang yang berkecukupan, karena itu kita harus bersabar…!!

Mudah mudahan memasuki bulan ramadahan ini kita akan menjadi manusia yang lebih baik lagi dengan selalu bersyuku dan bersabar dengan segala situasi…!! Amiin…

Selamat Menyambut Bulan Suci Ramadahan.. Mohon Maaf atas segala kesalahan

Seniman gagal dan Sepatu lama ku

Kalau dipikir pikir apa sih hubungannya.., begini ni, akhir akhir ini aku agak direpotkan dengan sepatuku. Sepertinya ukuran sepatuku semakin longgar, ini terasa saat aku pakai pergi dan pulang kerja. Awalnya aku berfikir mungkin karena sering di pakai sepatuku jadi melar, tapi setelah ku perhatikan… hemmm .. ternyata sepatuku pinggir-pinggirnya mulai menganga. Ini sepatu sepertinya tau aja kalau dompet lagi tebel, pasti dia minta ganti. Oke deh kalau udah begini aku jadi ingat lirik lagunya zilvia – aishuteru “Kadang terpikir cari pengganti mu saat tebel kantongku”, he.. he.. agak di plesetin dikit biar sesuai tema. Akupun berniat untuk beli sepatu baru saat ada waktu nanti.., sekali-kali bolehlah memperhatikan tampilan, walaupun sebenarnya ini bukan tipeku. Soalnya di keluarga ku cuma aku yang keliatan koproh alias nggak rapi.. eh bukan deng bukan cuma aku aja.. ibuku juga gitu.. (he.. he.. sory.. mam). Karena kalo menurutku tampilan itu belakangan deh, yang penting nutup aurat, yah pendapatku ini memang sering nggak sepaham dengan pendapat teman-temanku, mau gimana lagi dah bawaan lahir. Tapi untuk urusan sepatu kali ini kayaknya gak papa deh cari yang baru, begitu niat awalku.

Hari yang tepat untuk cari sepatu ya cuma hari minggu karena Continue reading

Bila “letih berharap” di Ujung jenuh…???!!!

semua pasti pernah mengalami letih yang sampai di ujuh sebuah kejenuhan. dimana diri merasa bahwa apa yang telah di lakukan tak membuahkan apa-apa dan sampailah pada ujung sebuah kejenuhan itu sendiri. Tak salah memang untuk segera mengambil sebuah keputusan. karena kata orang ” hidup tak bisa menunggu”, bukan hanya satu hal yang harus kita lakukan di dalam hidup ini…., jadi buat apa harus bertahan pada satu asa yang telah letih kita gapai…,

ini lain ceritanya dengan “putus asa”, selama masih di dunia , semua itu punya batas. so buat apa harus berputar-putar di dalam hal-hal yang itu itu saja. sabar juga ada batasnya kok…, segera bangkit dan meninggalkan itu semua … mungkin adalah jalan yang terbaik. Continue reading