Tukang Batu

Tukang Batu

Seperti hari-hari biasanya.., setiap minggu pagi saya menelepon ayah dan ibu saya. Untuk bertanya kabar mereka dan tentunya saling berbagi cerita. Hari ini kami membicarakan tangki air yang akan dipasang di rumah kami. Jadi untuk meletakkan tangki air tersebut ke tempat yang tinggi, kami sepakat untuk menggunakan semen yang dicor dengan ketinggian beberapa meter. Intinya air mengalir dengan baik dan tempat tangkinya juga kokoh.

Untuk keperluan membangun itu tentunya memerlukan bahan-bahan seperti semen, pasir, besi kecil, batu bata, dan kerikil. Ayah saya bilang batu kerikil susah di cari sekarang, agennya tidak bisa melayani pesanan jika hanya sedikit. Masuk akal  juga sih. Lalu ayah mencari alternatif lain, yaitu mengganti kerikil dengan batu padas. Kebetulan Abang saya punya  batu padas, karena dia juga berencana untuk me-renovasi sedikit dapur rumahnya. Waktu itu Ayah saya juga yang memesankan batu padas tersebut.

batu padas
Gambar batu padas, sumber http://batupadas.blogspot.com/

Taukan batu padas? iya batu alam yang biasanya diambil dari tebing-tebing batu. Saya bertanya pada ayah saya, berapa harganya jika memesan batu-batu padas seperti itu. Kata Ayah, harga batu itu Rp.100.000 satu meter, setidaknya mesan harus 5 meter. Mendengar harga 100.000 tersebut saya sedikit terkejut, ya gimana tidak terkejut, anda bayangkan saja begitu susahnya mengambil batu tersebut hanya dijual 100.000 per meter dan itupun sudah diantar ke rumah. Dan Ayah saya membenarkan keterkejutan saya itu. Katanya kalo kita lihat langsung ketempat pengambilan batu itu, begitu kasihannya kita melihat orang orang yang mengambil batu itu. Mereka memahat/memecah satu persatu batu sampai pada ukuran tertentu. kemudian mengangkatinya ke suatu tempat.

Belum lagi resiko yang harus ditanggung, seperti terkena percikan batu saat memecah, terkena palu atau pahat, apalagi sampai ketimpahan batu. “Nggak tega untuk menawarnya” kata Ayah bercerita pada saya saat mereka menyebutkan harga batu itu. sebab harga segitu itu memang sudah sangat murah dibanding dengan resiko dan cara mereka mengambilnya. Buat pemecah batu tradisional, cara mereka  mengambil batu masih mengandalkan cara manual yaitu dengan palu dan pahat. lain halnya dengan pemecah batu menengah, mereka sudah menggunakan bom untuk menghancurkan batu, kemudian baru memecahnya dengan pahat. Bagi pemecah batu profesional dan moderen tentu saja sudah menggunakan alat berat.

Mendengar cerita itu saya jadi sedikit merenung. Begitu mulianya Continue reading

Sup Cacing Untuk Sakit Typhus

Sup Cacing Untuk Sakit Typhus

Tadi malam kami baru saja menjenguk teman kami yang sedang sakit di Rumah Sakit. Katanya sih dia menderita sakit typhus. yah biasalah kalau jenguk itu sih ngobrol-ngobrol tentang penyakit sampai obat apa yang sudah diminum. Dan kami semua agak sedikit mengeryitkan dahi dan refleks membuka mulut (baca terplongo), waktu dia bilang obatnya itu sup cacing.

Sup cacing dipercaya bisa menyembuhkan penyakit typus dengan cepat. Ibunya bercerita, dulu ketika adiknya juga terkena sakit typus ada seseorang yang memberitahu bahwa obat yang mujarab itu cacing tanah. Terserah mau dijadikan sup atau langsung “digongseng” (digoreng tanpa minyak). Tetapi kalau digongseng akan menimbulkan bau, karena itu lebih baik dijadikan sup saja. Dan benar saja, saat dibuatkan sup cacing itu adiknya langsung sembuh.

Cara mengolahnya, cacing tanah dibersihkan Continue reading

Google Halloween

Google Halloween

Google Halloween.

Halloween day – Bukan google namanya jika tidak mengubah logo-logo mereka saat hari-hari tertentu. Tanggal 31 Oktober 2013  ini google kembali menghadirkan logo unik mereka untuk merayakan halloween. Seperti beberapa logo-logo google sebelumnya Anda akan diajak bermain dengan logo google ini. Ya tentunya karena ini bertemakan halloween maka anda sedikit diberikan kejutan-kejutan.

Berkaitan dengan halloween maka Logo ini bercerita tentang penyihir yang ingin membuat ramuan tertentu. Anda diajak untuk membantunya Continue reading

Cara memesan tiket Kereta Api (stasiun medan)

Cara memesan tiket Kereta Api (stasiun medan)

Kemaren saya  baru saja memesan tiket kereta api untuk pulang kampung ke Kisaran. ya taulah 2 minggu lagi kan lebaran, jadi siap-siap untuk memesan tiket kereta api. Tapi ada yang berubah ya dari cara pemesanannya. Kalau saya ingat-ingat ni sudah beberapa kali sih ganti-ganti cara pemesanannya. memang sih ini lebih bagus. sepertinya ini ada pengaruh juga dengan pembukaan Bandara kuala namu. kok bisa? ya iyalah itukan rencananya penumpang yang turun di Bandara internasional kuala namu akan menaiki kereta api sampai ke Medan. jadi apa hubungannya sama pemesanan tiket kereta api?, simpelnya biar pelayanannya bagus, cepat selesai dan gak buat orang ngejubel.

Jadi perubahannya gimana? Kalau dulu itu mau mesan tiket kereta api tempatnya berlainan dengan loket dan tempatnya jauh malah. Terus berubah menjadi satu tempat dengan loket dan harus bawa KTP. Berapa orang yang mau kita pesankan maka sebanyak itulah KTP yang kita bawa (tapi itu dulu) dan sekarang tetep bawa KTP sih tapi gak langsung tu ke loket untuk memesan Tiketnya, tapi isi formulir dulu. Saya kemaren juga agak bingung sih formulir apa yang mau di isi. ternyata yang kita isi diformulir itu adalah no KTP kita, Continue reading

Opss Salah…!!! (maafin dong)

Opss Salah…!!! (maafin dong)

Ramadhan 1434H

Bulan Ramadhan sudah datang, terlepas dari penentuan awal  Ramadhan yang hampir selalu ada perbedaan, yuk kita saling memaafkan atas kesalahan yang pernah kita lakukan kepada sesama. Memang sih lebih baik untuk memberikan maaf, tapi gak menutup kemungkinan kita harus meminta maaf agar lebih lega alias plong, masa’ harus menunggu dimaafin… Ya gak sob?!!.

Ramadhan tahun ini (1434 H) harus kita niatkan lebih baik dari tahun yang lalu, untuk itu kita harus me-review apa kekurangan kita pada ramadhan tahun yang lalu. Mungkin saja kalau Continue reading

Tips jika salah harga saat belanja di carrefour

Tips jika salah harga saat belanja di carrefour

Pasti pernah belanja kan?, tetapi pernah nggak mengalami salah harga saat berbelanja? apa sih yang harus kita lakukan?. nah kali ini saya mau share pengalaman pribadi saat belanja di carrefour. Sekitar dua bulan lalu saya membeli air bed (kasur angin) di carrefour, kebiasaan saya sebelum berbelanja, saya selalu nge-cek harga  barang-barang yang akan saya beli di internet. alasannya simpel sih, biar tau aja harus menyediakan budget berapa. nah kali ini saya mendapatkan informasi bahwa kisaran harga air bed mulai dari 100ribu sampai 400ribu, ada yang langsung  satu paket dengan pompanya + repair kitnya ada juga yang tidak. Continue reading