Sudah sampai di manakah kita berhijrah?

Hijrah
Hijrah

Tahun baru Hijriyah merupakan tahun baru bagi umat Islam, sayangnya tahun baru ini malah sering terlupakan oleh orang Islam sendiri, khususnya orang Islam di Indonesia. Bukan hanya karena penanggalan resmi Negara Indonesia yang menggunakan Tahun Masehi, tapi lebih kepada kurangnya minat orang Islam untuk mendalami agamanya. Padahal fungsi tahun Hijriyah ini sangat penting, sebab berkaitan dengan jadwal Ibadah, seperti Haji, Puasa Ramadhan dan lain sebagainya.

Ironisnya para pemimpin-pemimpin umat Islam seakan tak peduli dengan hadirnya tahun ini. Lihat saja, apakah ada sidang isbat untuk menentukan tanggal 1 Muharram (atau mungkin pernah ada tapi tidak diliput media)?. Tak seheboh penentuan 1 Ramadhan yang seakan-akan harus benar-benar melihat bulan, bisa berbeda hari jatuhnya, berbeda waktu shalatnya. Apakah ini menunjukan para pemimpin agama Islam kita ini (atau bahkan kita sendiri) hanya mau melakukan sesuatu jika diliput media, dilihat orang lain, agar dihormati, bermuatan politis. Padahal kalau dipikir-pikir bukankah seharusnya tanggal 1 Muharram inilah yang harus benar-benar diperhatikan, karena ini merupakan awal tahun. Yang dengan menentukan jatuhnya, dapat memperkecil perbedaan, karena telah menentukannya jauh jauh hari.

Lalu apakah kira-kira yang menyebabkan semua ini? akar jawabannya Continue reading

Opss Salah…!!! (maafin dong)

Opss Salah…!!! (maafin dong)

Ramadhan 1434H

Bulan Ramadhan sudah datang, terlepas dari penentuan awal  Ramadhan yang hampir selalu ada perbedaan, yuk kita saling memaafkan atas kesalahan yang pernah kita lakukan kepada sesama. Memang sih lebih baik untuk memberikan maaf, tapi gak menutup kemungkinan kita harus meminta maaf agar lebih lega alias plong, masa’ harus menunggu dimaafin… Ya gak sob?!!.

Ramadhan tahun ini (1434 H) harus kita niatkan lebih baik dari tahun yang lalu, untuk itu kita harus me-review apa kekurangan kita pada ramadhan tahun yang lalu. Mungkin saja kalau Continue reading

Siapa Kita

Siapa Kita

Manusia yang yang hidup tidak bisa memilih di keluarga mana, bangsa apa, agama apa, suku apa, dia harus dilahirkan. Namun setiap manusia normal diberikan akal, akhlak dan hati untuk berfikir, bertingkah laku dan mempertimbangkan sesuatu tentang apa yang dia lakukan, jumpai, miliki dan hadapi.

Tuhan menciptakan perbedaan agar bisa saling mengenal dan manusia seharusnya mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan tentang Continue reading

“Mawar Maafin marwan.. ya” Opsss bukan iklan loh

“Mawar Maafin marwan.. ya” Opsss bukan iklan loh

“Mawar maafin marwan ya ” Masih inget dong dengan slogan iklan tersebut.. hmm tapi kali ini bukan mau ngomongin iklannya loh.. soalnya bentar lagi kan bulan Ramadhan waktu nya untuk berpuasa, nah karena itu tu kita harus bersihin diri dulu, yah maaf-maafanlah, kan pasti dah banyak tuh salahnya kita pada sesama (udah numpuk kali ya) apalagi salah sama Tuhan he he.

 

Di bulan puasa nanti kalau bisa (dan mestinya harus) sudah tidak adalagi dendam atau sakit hati, marah atau gak enak-an sama orang lain. Dengan saling memaafkan, mudah-mudahan puasa kita lancar dan bermanfaat. sebagai manusia kita pasti tak lepas dari khilaf dan salah, terkadang kita sudah berusaha Continue reading

Manisnya kesuksesan (Sabar dan Bersyukur)

Suatu hari saat semangat ku mulai rapuh dan rasa putus asa itu kambuh, aku datang ke kos temanku disebuah panti asuhan. Dia mengajar di tempat itu. Kesederhanaan dan keikhlasan sudah menjadi bagian dari hidupnya. Seperti biasa kami selalu berbagi dan bertukar pikiran bila ada masalah diantara kami. Hari itu dia tidak banyak berkomentar dan memberi masukkan, sesekali dia hanya mengangguk dan menyetujui hampir semua keluhanku. Sepertinya dia juga tidak bisa banyak berbuat untuk memecahkan masalah yang ku punya.

Esok harinya setelah sholat subuh.., kami ngobrol-ngobrol ringan sejenak sambil menyiapkan sarapan pagi seadanya. Aku juga sedikit merasa tak enak karena merepotkannya. Seusai itu diapun melakukan kegiatan rutinnya untuk mengajar. Tinggallah aku sendiri merenungi masalahku. Tak sengaja kubaca sebuah tulisan didinding kamarnya ”Orang-orang yang tidak pernah mengalami kesulitan dan kesusahan dalam Continue reading