Masih inget gak kenapa iblis diusir ..?

Masih inget gak kenapa iblis diusir ..?

Nggak kagetkan.., kenapa kok tiba tiba saya ngomongin iblis. Soalnya, ni kan dah dekat Ramadhan .. jadi gak pa pa donk kita ngomongin iblis. Nah kembali kepertanyaan yang di atas “Kenapa iblis di usir..?”, kita pasti sudah pernah belajar kenapa kok iblis itu di usir dari surga, padahal ni katanya si iblis ini makhluk yang taat loh sama Allah. Ibadahnya juga bagus. Jadi kenapa dong dia bisa di usir? Menurut Al-qur’an ni, si Iblis diusir karena doi gak mau sujud sama Adam sang kakek buyutnya manusia. Konon ni menurut si iblis dia lebih baik dari si Adam, so ya gengsi dong, masa’ mau sujud tu sama adam yang baru aja diciptakan sudah gitu dari tanah lagi yang sering dipijak pijak “hgeh.. gak sudi”, kira-kira gitu deh kata iblis. Nah karena itu lah dia di usir. Terus kita analisis nih.. masa hanya gara-gara gak mau sujud sama adam aja si iblis langsung diusir padahal ni kalau ngeliat Ibadahnya si Iblis… wuih mantep. Dia gak ingkar sama Allah, dia akui kalau tuhan itu ya hanya Allah. Tau kenapa…? karena si Iblis itu Sombong.., dia merasa lebih baik…. lebih benar dan lebih mulia dari yang laen, karena itulah Tuhan marah besar.

Belajar dari kisah si iblis ini ternyata bahaya banget loh yang namanya sombong itu, kita kadang kadang gak sadarkan kalau tingkah laku kita mengarah kepada kesombongan, terus kalaupun kita tau kita itu sombong paling-paing kita bilang “ah gak papa deh bukan dosa besar kok” hemmmm padahal ni percaya nggak kalau ada kesombongan di dalam hati kita biarpun kecil, bisa-bisa ibadah kita, perbuatan baik kita gak diterima Tuhan loh atau yah bisa dibilang “pending”lah.., (wuih… ngerih kan..). Nah loh kenapa kok gitu…? ya iya lihat aja tu si iblis sampai sekarang ke buang deh dari surga hanya gara-gara sombong. Memang sih kelihatanya sepele, tapi kalau dipikir-pikir memang kita gak pantes kok sombong.., lah apa yang mau disombongin Wajah yang cantik or ganteng..? tu kan Punya Tuhan kalau dia mau ambil atau dia marah bisa bisa blonteng blonteng tu wajah. Atau Otak yang brilian or cerdas? itu juga punya Tuhan, kalau dia mau ambil ya kita bisa aja jadi orang idiot. Apalagi..? Kekayaan, jabatan, kekuasaan de el el…..??? itu Juga punya Tuhan. Udah banyakkan kita liat orang yang jatuh miskin mendadak, atau penguasa yang akhirnya diinjak-injak rakyat…?

nah itu dia makanya Tuhan marah sama orang-orang yang sombong dan membanggakan diri. Hati-hatiloh sama dosa dosa kecil yang merusak. Ni ada satu lagi.. masih deket tu sama kata “sombong”, namaya si “riya”. Nah Riya’ adalah lawan dari ikhlas, yaitu menampakkan ibadah dengan niat mencari pandangan manusia, sehingga pelakunya akan dipuji, dan dia mengharapkan pujian dan pengagungan dan takut kehilangan hal itu. Nah si riya ini juga temenan ni sama Sum’ah. apa siapa lagi sih si Sum’ah ini, Sum’ah adalah beramal agar didengar orang. Kesemuanya ini akan merusak ibadah yang laen. Makanya ni temen-temen yang rajin ibadahnya jangan samape di grogoti loh sama rasa sombong, riya, sum’ah, ujub.. takabur.. dan konco konconya. Soalnya… kita kadang-kadang gak sadar, contohnya ni waktu mau sholat jamaah ke masjid.. di tengah jalan ketemu sama temen yang gak Sholat ke masjid..eh terus tanpa sengaja terucap deh di hati…, “emh.. kok nggak sholat ke masjid sih masih mending kayak aku sholat ke masjid pahala lebih banyak…” eitss eitss.. dah kena tuh sombong sama ujub…, resikonya ni yang harusnya kita dapet pahala eh malah ketiban dosa.. jadi hati-hatiloh. Kalau udah terlanjut cepet-cepet deh istighfar..

Nah kaitannya ni sama bulan Ramadhan…, yok… kita saling memaafkan biar ibadah puasa kita bener-bener diterima. Jangan ada rasa sombong, atau merasa lebih baik… merasa gak ada salah.. atau merasa “ ah udah di maafinnya itu” he he kan belum tentu. Eratkan kembali silaturahmi jangan direnggangin loh, Tuhan itu marah loh kalo kita mutusin silaturahmi. Terus ni sekalian aja ya saya juga mau minta maaf ni sama semua temen-temen saya, yang mungkin sudah saya sakiti hatinya tanpa sengaja.. memang kadang-kadang terbawa juga tuh rasa sombong, atau kata kata kasar dan aura wajah yang tidak bersahabat.. (kalau wajah dah memang dari sononya ini he he ) jadi maafin ya…, kalau gak dimaafin.. he he hati-hatiloh itu sombong namanya…, oh iya yang sudah sms dan belum sempat dibales… juga mohon maaf ya, itu bukan sombong loh tapi.. “maaf pulsa berkata lain..!!” he he he. Sekali lagi saya atas nama Pribadi mengucapakan selamat menyambut Ramadhan semoga semua Ibadah kita diterima Allah Swt dan Kita benar benar akan lulus dan mendapat titel “Taqwa” Amin….., oh iya biar afdol yang mau maafin langsung aja tulis dikomentar ya…

Ade Iskandar

One thought on “Masih inget gak kenapa iblis diusir ..?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 × 3 =