IT dan Kehidupan ini

IT dan Kehidupan ini

Halah.. gak penting juga ya sama judulnya yang terkesan lebay itu, minggu pagi yang sedikit malas ini saya ingin membahas beberapa hal yang mungkin penting untuk dibicarakan. Yap anyway kalau saya pikir-pikir hebat banget ya anak-anak IT yang konsisten menulis artikel tentang teknologi informasi, apalagi yang berkaitan dengan koding. Kenapa? sebab menurut saya nggak gampang loh membuat artikel yang berkaitan dengan IT, apalagi itu berhubungan dengan penulisan code.

Kalian bayangkan ya untuk membuat satu artikel pendek saja, mungkin si penulis harus bereksperimen panjang. contohnya membuat tutorial membuat aplikasi buku tamu dengan PHP. Sorry ini masalah IT ya yaitu Information technology, jadi jangan kaitkan PHP dengan Pemberi Harapan Palsu. PHP itu salah satu nama bahasa pemrograman berbasis web. Oke balik lagi ke penulisan coding tadi, si penulis harus membuat buku tamu dulu, ngetes dulu jalan atau enggak? nah setelah jalan barulah dia buat langkah-langkah pembuatannya, memasukkan code-codenya, menyusun kodenya biar rapi dan enak dibaca orang lain. dan segudang bla-bla lagi baru artikel itu selesai. belum lagi setelah dipublish eh banyak yang nyoba dan gagal, sipenulis yang baik harus bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan pembacanya yang kadang-kadang juga nyeleneh.

Selain coding, ada juga yang agak ribet. yaitu anak-anak IT yang suka menulis tentang review produk tertentu seperti hardware atau software. Taukan ribetnya dimana? ya ribetnya dibagian ujicoba itu, kandang-kadang mereka harus rela mengeluarkan biaya yang mahal hanya untuk mereview suatu produk. Atau kalau bagian software mereka rela menghabiskan waktunya untuk mengutak-atik software itu, bahkan kadang-kadang kalau pas sial pc yang dibuat untuk ngereview bisa hang atau padam. Tapi itu tidak menyurutkan mereka untuk terus me-review hanya untuk menuliskannya diblog mereka.

Dunia IT
Sumber wikipedia

Belum lagi kalau kalian dianggap pinter sama temen-temen kalian, jujur ni ya bukan sombong, songong atau apalah, saya sering “dianggap” pinter Β IT oleh temen-temen saya. Mereka sering bertanya pada saya tentang IT. Yang menjengkelkan adalah ketika saya bilang “Saya tidak tahu”, mereka pasti tidak percaya dan menganggap saya pelit ilmu atau males bantu mereka. wadehhh, memangnya saya manusia super gitu, harus tau semua? enggak kan. Apalagi kalau skala pertanyaan yang mereka ajukan itu bukan bidang saya, contoh ni printer rusak, sesekali mereka memang pernah melihat saya memperbaiki sendiri printer saya. lalu printer mereka rusak, terus saya diminta bantuan, lalu saya lihat dan rusaknya itu bukan pada sisi maintenance nya, tapi memang perangkatnya yang rusak. lalu saya bilang “waduh gak tau ni kalau gini kasusnya” langsung tu mereka bilang saya pelit, atau apalah.

Memang sih susah untuk mendeskripsikan Information Technology (Teknologi informasi) ini pada orang lain, begitu luas yang harus dibahas di IT ini. Buat saya IT ini adalah dunia sendiri, dunia nyata yang ada di maya, semua kehidupan nyata ada didalamnya (sori kalau ini dibilang berlebihan). Di dunia nyata anda mungkin berdagang, sama di IT (internet misalnya) juga bisa. Di dunia nyata anda Pacaran, sama di IT juga bisa, berteman, kirim surat, berkomunikasi, tatap muka semuanya juga bisa dilakukan di dunia IT. Dan bagian apa saja juga sekarang ini butuh IT kan. Buat saya IT itu tidak sama dengan pelajaran lainnya seperti Ekonomi, Akuntansi dan lainnya. IT adalah bidang ilmu yang terus berkembang, ilmu yang kita miliki hari ini bisa jadi minggu depan tidak terpakai karena sudah basi. Dulu kita mungkin ahli menangani virus windows, hari ini mungkin ilmu itu sama sekali tidak terpakai, karena mungkin saja windowsnya sudah lebih baru atau trennya sudah pake linux atau android. mau gak mau anda harus belajar lagi buat virus di andorid dan begitulah seterusnya.

Karena itu saya salut untuk anak-anak IT yang terus komitmen belajar dan berbagi ilmu, terus komit menulis tutorial-tutorial yang bermanfaat. dan buat temen-temen yang hobi ngopas (copy-paste) sebenernya tidak begitu masalah, asal kalian mau menyertakan sumbernya. itu sebagai penghargaan buat temen-temen kita yang telah bersusah payah menulis itu dan melakukan eksperimen-eksperimen mereka.

Maju terus IT Indonesia

2 thoughts on “IT dan Kehidupan ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

14 + 6 =